Apa yang Dimaksud CARB Phase 2 dan Seberapa Penting Itu?

sertifikat carbp2 mdf

Dalam beberapa bulan terakhir, masyarakat mulai memerhatikan CARB Phase 2. Lalu apa yang dimaksud CARB Phase 2? Dan seberapa pentingkah itu?

Beberapa waktu lalu, ada kasus yang melibatkan toko-toko besar dan produk berlabel aneh. Inilah yang membuat masyarakat berpikir ulang terhadap keamanan produk mereka beli. Mungkin selama ini kita menganggap kualitas udara dalam ruangan sebagai hal sepele. Padahal hal tersebut perlu diperhatikan demi kesehatan. Menyikapi hal tersebut, California menerapkan peraturan baru. Peraturan ini fokus terhadap kualitas udara.

Lalu Apa Itu CARB?

CARB merupakan singkatan dari California Air Resources Board. Ini adalah departemen Badan Perlindungan Lingkungan California. Badan tersebut didirikan pada tahun 1967. Tujuan dibentuknya badan ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas udara. CARB juga meneliti penyebab dan memberi solusi terkait polusi udara. Kebijakan dari CARB, seperti MDF telah disesuaikan dengan CARB 2. Kebijakan ini sangat ketat dan digunakan sebagai standar di Amerika Serikat.

Apa Saja yang Ada Dalam CARB Phase 2?

CARB Phase 1 dan 2 adalah bagian dari California’s Composite Wood Products (CWP). Phase 1 mulai berlaku sejak tahun 2009. Peraturan ini berkaitan dengan pengurangan emisi formaldehyde. Emisi tersebut biasanya ada di produk kayu komposit, kayu lapis keras, particleboard dan medium density fiberboard (MDF). CARB Phase 1 pernah meluncurkan Airbone Toxic Control Measure (ATCM). Dalam peraturan ini, emisi formaldehyde dibatasi pada 0,08ppm. Sementara itu, CARB Phase 2 berlaku pada tahun 2010. Dalam fase ini, pembatasan emisi formaldehyde dibuat lebih rendah yaitu pada 0,05ppm. CARB ATCM dijadikan sebagai standar kualitas udara paling ketat karena tingkat emisi CAPS. Sedangkan kualitas udara lainnya masih dianggap normal.

Cara Memeriksa Suatu Produk Telah Mematuhi CARB Phase 2

Setiap produk yang terbuat dari kayu lapis keras, particleboard atau papan serat sedang, harus diberi label, Tentu pemberian label harus sesuai peraturan yang ada. Untuk memeriksa produk kayu yang sesuai dengan CARB Phase 2, carilah label yang menyertakan nama pabrikan. Selain itu, periksa juga tanggal produksi barang dan deskripsi barang. Biasanya produk yang mematuhi aturan disertai keterangan khusus. Keterangan tersebut antara lain, ‘California 93120 Compliant for Formaldehyde’ atau ‘California Phase 2 Compliant.’

Kenapa Mematuhi CARB Phase 2 Sangat Penting?

Peraturan ini memastikan udara yang kita hidup sehat dan bebas karsinogen berbahaya. Di tahun 2011, formaldehyde ditambahkan ke daftar karsinogen pemerintah federal karena punya efek samping. Formaldehyde dapat menyebabkan iritasi hidung dan tenggorokan. Dampak lain adalah mata terbakar, sesak napas, sakit kepala hingga mual. Formaldehyde adalah gas tidak berwarna dan bisa berasal dari berbagai sumber. Bahan ini bisa berasal dari perapian, asap tembakau, hingga tungku pembakaran kayu. Dalam industri lantai, zat ini biasa digunakan untuk membuat resin. Seperti yang kita ketahui, resin adalah bahan yang digunakan sebagai perekat produk kayu komposit. Peraturan CWP memastikan emisi formaldehyde tidak melebihi batas yang ditetapkan. Dengan begitu, masyarakat bisa menggunakan produk secara aman tanpa takut terkena masalah kesehatan.